Oleh: feusakti | Juni 17, 2011

EKONOMI: Neolib Itu Apa Sih?

MENJELANG Pemilu 2009, pasangan SBY-Boediono dihujani kritik bahwa mereka adalah pendukung ekonomi neolib. Namun, terlepas dari masalah politik tersebut, sebenarnya apa sih neolib itu? Ternyata, banyak orang bisa mengucapkan kata “neolib” tetapi tidak faham, neolib itu apa.

Apa arti neolib menurut bahasa?

Neolib, tentu berasal dari kata neo dan liberalisme. Neo artinya baru. Sedangkan liberalisme berarti faham kebebasan berekonomi. Jadi, neolib artinya faham ekonomi yang menitikberatkan kebebasan perekonomian, di mana ekonomi diserahkan kepada mekanisme pasar, baik pasar lokal maupun internasional. Dan secara teori, mekanisme pasar tidak ada campur tangan pemerintah.

Apa arti neolib menurut para pakar?

1.Kodrat Wibowo

Pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengatakan ciri pemerintahan yang menganut faham neolib adalah, pemerintah yang melepaskan kewenangannya dalam penyediaan barang-barang publik.Pemerintah melakukan privatisasi BUMN, membuka pintu lebar-lebar pada asing, dan keikutsertaan dalam perdagangan bebas.

2.Prof. Dr. Sri Edi Swasono

Guru Besar Universitas Indonesia, menegaskan bahwa neolib merupakan penjajahan model baru. Itulah arti neolib yang paling mudah dipahami.Pemerintahan yang neolib tidak akan pernah berpihak pada rakyat. Mereka lebih peduli dengan kekuatan asing.

3.Hendri Saparini

Pengamat ekonomi dari Econit Advisory Group , menengarai pihak asing berusaha menguasai perekonomian Indonesia dengan cara membelokkan arah kebijakan ekonomi nasional.Salah satu modusnya adalah dengan menyuap para pejabat dan politisi agar membuat aturan perundangan yang pro-asing.

Sejak kapan neolib ada di dunia?

Neolib merupakan satu gerakan massif yang memang bertumpu pada sektor perekonomian, namun untuk mencapai kepentingannya menggunakan seluruh kekuatan yang ada, seperti mesin politik, mesin militer, mesin sosial-budaya, mesin agama, mesin pendidikan, mesin media massa, dan yang lainnya. Tujuan NeoLib adalah tujuan kaum Masonik, kaum Illuminatus, kaum Luciferian, yang sudah ada sejak iblis turun ke bumi membuntuti Adam dan Hawa.

Kapan sosialisasi neolib ke seluruh dunia?

Akhirnya di era tahun 1980-an neolib kemudian bangkitsebagai kebijakan ekonomi politik yang diadopsi oleh pemerintahan Ronald Reagan (Presiden AS), dan Margaret Thatcher (Perdana Menteri Inggeris).

Sejak kapan neolib ada di Indonesia?

Secara jujur, neolib ada di Indonesia sejak zaman Indonesia dijajah Belanda. Sejak era VOC mendominasi perekonomian Indonesia.

Neolib sejak era Soekarno hingga era SBY

1.Bagaimana neolib di era Soekarno?

Dimulai ketika bangsa Indonesia ingin membangun tetapi tidak punya uang. Maka negara-negara kapitalis mulai menawarkan bantuan pinjaman uang. Para menteri Soekarno yang rata-rata lulusan universitas Amerikapun segera menyambutnya. Mungkin, karena komisinya besar. Namun Soekarno punya prinsip, boleh utang ke luar negeri, tetapi jangan mendikte pemerintahan Indonesia. Soekarno bersikap, “Biarkan kekayaan alam kita, hingga insinyur-insinyur Indonesia mampu mengolahnya sendiri. Saat itu Permina (Pertamina) yang sepenuhnya melakukan eksplorasi dan eksploitasi kekayaan minyak dan gas Indonesia.

2.Bagaimana neolib di era Soeharto?

Time Life telah mensponsori pertemuan antara kelompok Mafia Berkeley-nya Jenderal Suharto dengan para pengusaha Yahudi Dunia di Swiss, November 1967, di mana seluruh kekayaan alam Indonesia digadaikan dengan harga murah kepada asing

Bawazier:

Neolib Jadikan Rakyat Makin Miskin Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier mengatakan faham neoliberal (neolib) yang sudah berjalan selama 40 tahun di Indonesia menjadikan rakyat Indonesia semakin miskin. Faham ini sudah berlangsung sejak pemerintahan Soeharto. Karena itu, harus dihentikan karena akan meneruskan kemiskinan.

3.Bagaimana neolib di era BJ Habibie

Sama dengan era Soeharto

4.Bagaimana neolib di era Gus Dur

Dimasa Gus Dur, liberalisasi dibidangekonomi relatif lebih dapat dikendalikan

5.Bagaimana neolib di era Megawati

a.Siti Fadillah Supari

Mantan Menteri Kesehatan, mengakui, birokrasi neolib sudah ada sejak tahun 2002. Reformasi bangsa ini justru telah mengubah UUD yang pro rakyat menjadi makin mengarahkan ke neolib di segala bidang. Sekaligus kepentingan rakyat sendiri tersingkirkan.Pemerintahan neolib akan selalu mendedikasikan diri kepada kepentingan kapitalis. Bukan membela rakyat yang lemah, namun pelaku pasar atau para kapitalis.

b.Fadhil

Neolib di era Megawati antara lain kebijakan privatisasi beberapa BUMN, diantaranya Indosat,Telkom, BNI, PT. Tambang Timah dan Aneka Tambang.Paling tidak sepanjang tahun 1998 terdapat dua belas BUMN yang seluruh sahamnya akan dijual oleh pemerintah. Juga, penjualan gas di blok Tangguh ke Cina dengan harga yang begitu murah

6.Bagaimana neolib di era SBY

a.UU Migas dan UU Penanaman Modal sangat kental nuansa liberalisasi. Bahkan kedua undang-undang tersebut dilahirkan dalam rangka liberalisasi ekonomi yang digencarkan oleh IMF, Bank Dunia, ADB, WTO, dan negara-negara maju.

b.BUMN-BUMN strategis diprivatisasi. Bahkan di zaman SBY-JK pemerintah memprogramkan “obral aset negara” lebih dari 40 BUMN pada tahun 2008 dan 20 BUMN tahun ini. Meski kemudian program “obral aset negara” tersebut gagal total akibat krisis finansial global.

c.Pemerintahan SBY-JK merancang harga BBM Indonesia sesuai dengan harga pasar internasional.

d.Mekanisme pasar internasional

Masinton Pasaribu, Ketua Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem),berpendapat bahwa    praktek penyelenggaraan negara dan peraturan yang dibuat di bawah pemerintah SBY-Boediono diabdikan untuk kepentingan modal asing di Indonesia

e.Iman Sugema,

Kebijakan pemerintah SBY tidak pernah berubah, dan selalu anti domestik. Pertamina yang merupakan perusahaan milik negara bisa dikalahkan dengan Exxon di Blok Cepu.

f. Eva Kusuma Sundari

Politisi PDI Perjuangan,  menjelaskan bahwa SBY dengan bangga melaporkan kepada United States Agency for International Development (USAID) bahwa banyak UU bidang energi yang sesuai dengan pesanan asing.

Kalau yang bidang energi, Pak SBY bicara di website USAID melaporkan sesuai (pesanan). Dan Pak Revrisond (Baswier) yang bilang itu. Lalu Pak Kwik Kian Gie yang bicara bahwa paket UU bidang keuangan ditongkrongi IMF dan World Bank,

g.Dr. M. Fadhil Hasan

Semua perampokan kekayaan alam ini dilakukan dengan disain yang rapi,” ucap Fadhil yang juga menulis pengantar di buku ini. Beliau menambahkan, publik tidak bisa tahu siapa di balik perampokan-perampokan ini. Tapi, kebijakannya begitu terasa, mulai dari Undang-undang yang pro investor, dan peraturan pemerintah pada tingkat implementasi.

Solusi

Uji materi (judicial review)

Pimpinan Pusat Muhammadiyah,Din Syamsuddin, berencana mengajukan uji materi (judicial review) sejumlah undang-undang ke Mahkamah Konstitusi. Alasannya,-menurut Muhammadiyah, undang-undang tersebut terlalu menguntungkan pihak asing dan merugikan kepentingan negeri sendiri.

Din menerangkan, undang-undang yang bakal dimintakan pengujiannya,antara lain:

1.Undang-Undang Mineral dan Batu Bara,

2.Undang-Undang Perusahaan Listrik Negara,

3.Undang-Undang Minyak Bumi dan Gas, serta

4.Undang-Undang Perbankan,dll.

Menurut Din, pemerintah membiarkan dominasi asing dalam tiga bidang strategis, yakni energi, perbankan, dan telekomunikasi. Penguasaan asing atas ketiga hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak itu lebih d ari 50 persen.

Kesimpulan umum

-Neolib adalah sistem perekonomian yang lebih menguntungkan kapitalis asing daripada rakyat Indonesia.

Caranya :

Antara lain menyuap pemimpin/pejabat Indonesia untuk mengamandemen UUD 1945 dan membuat berbagai undang-undang (UU) yang lebih menguntungkan kapitalisme asing. Hal ini bisa erjadi karena negara-negara kapitalis menyuap pemimpin/pejabat Indonesia.

-Neolib melebihi 50% merupakan bentuk penjajahan ekonomi

Caranya:

Dengan berbagai ancaman,antara lain embargo ekonomi maupun embargo militer, maka pemimpin/pejabat Indonesia ditekan untuk menandatangani berbagai perjanjian yang lebih menguntungkan kapitalis asing.

-Neolib menguasai Indonesia melalui berbagai issue.

Caranya:

Antara lain issue globalisasi, perdagangan bebas, HAM, demokrasi melalui tekanan-tekanan politik

-Neolib menguasai Indonesia melalui bantuan ekonomi

Caranya:

Memberi pinjaman (utang) ke Indonesia melalui IMF, World Bank, ADB dll yang mayoritas pemodalnya adalah negara kapitalis. Untuk mendapatkan pinjaman itu pemerintah Indonersia harus menandatangani syarat-syarat yang lebih menguntungkan para kapitalis asing.

Kesimpulan khusus

Neolib adalah penguasaan ekonomi asing atau kapitalis asing atas perekonomian Indonesia melebihi 50%. Lebih pro kapitalis asing daripada pro rakyat Indonesia. Neolib yang sebenarnya dimulai di era Soeharto dan semakin menggila di era SBY.

Antara lain:

70% perekonomian dikuasai kapitalis asing

70% perbankan dikuasai kapitalis asing

70% gedung-gedung bertingkat dikuasai kapitalis asing

70% sumber daya alam dikuasai kapitalis asing

70% kebijakan ekonomi dikuasai kapitalis asing

70% kebijakan politik dikuasai kapitalis asing

 

Tiap detik total utang pemerintahan SBY bertambah Rp 10 juta

Tiap warganegara dibebani utang Rp 9 juta atau Rp 11 juta jika utang swasta dihitung.

Sumber foto/gambar: eramuslim.com

Hariyanto Imadha

Alumni FE Angkatan 08

Universitas Trisakti

About these ads

Responses

  1. Pakar ekonomi muslim khususnya harus bekerja keras untuk mewujudkan sistem ekonomi syariah

  2. neolib memang bangsat

  3. emang neolib buruk? pelajari dulu sebelum menghina bung
    neo liberalism itu bikin negara bisa maju, emang pengen rakyat indonesia miskin selamanya kayak negara2 di timur tengah macem afganistan, syuriah, dsb?
    neo liberalism itu untuk rakyat supaya bisa ga miskin, eh malah dituduh memiskinkan rakyat


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: