Oleh: feusakti | November 14, 2010

Orang Indonesia Memang Lemah Dalam Manajemen

Sumber foto: susiloharjo.web.id

KENAPA pemilu 2009 carut marut? Pelayanan publik buruk? Korupsi merajalela? Pungli masih terus berlangsung? Harga buku mahal? Kemacetan lalu lintas? Pengangguran dan kemiskinan masih banyak? Dan masih ada sejuta masalah direpublik ini. Muaranya adalah karena orang Indonesia, pada umumnya lemah dalam manajemen. Walaupun sudah punya gelar Master Manajemen (MM) sekalipun.

Saya setuju dengan hasil survei yang dilakukan oleh UNDP PBB beberapa waktu lalu yang mengatakan, kualitas SDM Indonesia menduduki peringkat ke 170 dari 177 negara. Dengan kata yang kasar, orang Indonesia tergolong orang yang bodoh.

Bagaimana tidak, untuk menjadi CPNS, calon TNI/Polri, calon walikota, calon bupati, calon gubernur, calon menteri, calon wapres dan lain-lain, syaratnya cuma syarat administrasi. Tidak ada tes IQ dan skill atau berdasar track record yang memadai.

Bangsa ini butuh orang-orang atau pemimpin-pemimpin yang mempunyai IQ tinggi dan memiliki ketrampilan. Bukan caleg-caleg atau capres-capres yang terpilih hanya karena faktor popularitas saja. Padahal dari kemampuan manajemennya mereka tergolong bodoh, tolol dan goblok.

Dari hasil survei 1980, dari 5000 mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, hanya ada 5 mahasiswa atau 1 persen saja yang mempunyai IQ tinggi dan terbukti cerdas dan hasil ujiannya bagus. IQ mereka 155 (bandingkan dengan IQ Albert Einstein yang 160).

Andaikan survei tersebut merupakan miniatur, maka di Indonesia kira-kira juga hanya ada satu persen dari jumlah penduduk yang mempunyai IQ tinggi, yaitu sekitar 2,4 juta orang. Bayangkan jika Indonesia dipimpin oleh orang-orang yang mempunyai IQ tinggi, cerdas dan memiliki ketrampilan manajemen yang baik, niscaya Indonesia sekarang ini akan sebanding dengan Jepang.

Kalau ingin maju, maka banyak hal yang harus dibenahi secara sistematik. Mulai dari pembenahan  manajemen data kependudukan, manajemen politik, manajemen transportasi, manajemen birokrasi, manajemen pelayanan umum dan manajemen lainnya.

Untuk itu memang pemerintah perlu bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan konsultan manajemen yang credible. Kalau perlu undang konsultan-konsultan profesional dari luar negeri.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :” Serahkan segala urusan kepada ahlinya”.

Sumber foto: susiloharjo.web.id

HARIYANTO IMADHA
Mantan Konsultan Manajemen

 

 

 


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: