Oleh: feusakti | November 17, 2010

Kasus Gayus Bukti Pengawasan Lembaga Pemasyarakatan yang Tidak Efektif

 

Sumber foto: indonetwork.or.id

PERBUATAN Gayus yang dengan mudahnya keluar dari tahanan, jelas merupakan manajemen pengawasan yang sangat buruk. Hal ini karena Gayus yang punya uang banyak dan rapuhnya moral aparat lembaga pemasyarakatan, memudahkan Gayus melakukan suap.

Dengan sejumlah uang, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah, maka Gayus bisa berlenggang-lenggang kangkung pulang ke rumah atau jalan-jalan ke mana dia suka. Itu bukan hal yang baru. Sudah puluhan tahun hal demikian berlangsung dan terjadi hampir di semua lembaga pemasyarakatan yang juga disebut penjara itu.

Salah satu penyebabnya yaitu buruknya mentalitas para petugas lembaga pemasyarakatan bukan semata-mata karena gajinya relatif kecil. Buktinya, banyak juga petugas yang gajinya kecil tetapi tidak mau disuap atau disogok.

Saran solusi 1.Lembaga pemasyarakatan khusus Perlu adanya lembaga pemasyarakatan khusus “koruptor dan orang berduit”. Usul KPK agar KPK memiliki rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan atau penjara tersendiri merupakan usul yang baik. 2.Sekuriti berlapis

Namun lembaga pemasyarakatan khusus yang dimiliki KPK tidak cukup. Masih harus dilengkapi dengan CCTV, sekuriti berlapis dan mesin absensi sistem sidik jari di mana tiap pagi, siang dan malam sehabis makan pagi, makan siang dan makan malam semua tahanan wajib membubuhkan sidik jarinya di mesinabsensi tersebut.

Pengawasan melalui CCTV juga harus dilakukan selama 24 jam nonstop sepanjang hari (bisa dilakukan dari kantor kemenhukham). Saran solusi tersebut sangat masuk akal dan tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan.

Hanya pemimpin dan pejabat yang bodoh saja yang masih berkutat mempertahankan sistem pengawasan yang sekarang tergolong jadul ini.

Sumber foto: indonetwork.or.id

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha

Mantan Konsultan Manajemen


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: