Oleh: feusakti | Maret 17, 2011

MANAJEMEN: Kenapa Indonesia Ketinggalan Dibanding Negara Tetangga

Kenapa Singapura sanggup mengatasi kemacetan lalu lintas? Kenapa harga sembako (14 kebutuhan bahan pokok) di Malaysia tidak mahal? Dan dalam banyak hal Indonesia memang sangat ketinggalan dengan beberapa negara tetangga.

Berdasarkan analisa yang saya lakukan, penyebabnya yaitu,pemimpin kita tidak mampu menjabarkan tujuan dan merealisasikan tujuan itu. Misalnya, bagaimana cara Singapura mengatasi kemacetan lalu lintas? Tujuannya adalah mengatasi atau bahkan menghindarkan terjadinya kemacetan lalu lintas.Penjabarannya:Jumlah kendaraan harus sesuai dengan kapasitas jalan.Oleh karena itu dibuat peraturan supaya warga tidak memborong mobil. caranya, pajak mobil baru jauh lebih murah dibandingkan pajak mobil bekas.Hasilnya, jumlah mobil relatif sedikit dan tak terjadi kemacetan lalu lintas.

Bagaimana dengan Indonesia? Terlalu banyak alasan.Yang dadanya belum siaplah, yang buswaynya kurang lah, belum ada monorail lah,yang inilah dan yang itulah. Cara berlogikanya kurang clara et distincta (kurang jelas dan tegas). Cara berlogika yang serba ragu-ragu inilah yang membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang serba ketinggalan.

Bahkan logika “toleransi berlebih” membuat masyarakat berlomba membeli mobil dan sepeda motor bekas. Tak ada regulasi yang bersifat menjabarkan tujuan.cara berpikirnya serba salah.Selalu memikirkan syarat yang sulit dipenuhi sementara persoalan tiap hari terus menumpuk.

Kalau bangsa Indonesia mau maju, maka kita harus memiliki pemimpin yang mampu dan mau menjabarkan tujuan. Ingin mengatasi masalah sampah? Jabarkan dan tindak lanjuti. Ingin mengatasi banjir? Jabarkan dan tindak lanjuti. Bagaimana supaya harga sembako tidak mahal? Jabarkan dan tindak lanjuti.

Pemimpin kita selalu melakukan pembenaran seolah-olah semua persoalan bisa diselesaikan kalau dananya banyak. Padahal, Singapura mengatasi kemacetan lalu lintas ,tidak perlu dana.Cukup dengan cara membuat regulasi.

Sumber foto: erwinsusetya.com

 

Hariyanto Imadha

Blogger

 

 

 

https://feusakti.wordpress.com

 

 

 

 

 

 


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: