Oleh: feusakti | Juli 31, 2011

MANAJEMEN : Sebaiknya Memahami Manajemen Puasa

JIKA selama Anda menjalankan ibadah puasa, Anda merasa lesu, letih, lelah dan lemah, berarti ada yang keliru pada Manajemen Puasa Anda. Nah, oleh karena itu, ada baiknya Anda memahami Manajemen Puasa yang baik dan benar sebagai berikut.

1.Manajemen tidur
Dari ilmu kesehatan, tidur normal adalah 8 jam per hari (idealnya). Kalau semalam tidur 5 jam, itu masih tergolong bagus. Untuk mereka yang berpuasa,idealnya tidur pukul 22:00 dan bangun untuk sahur pukul 03:00.Kurangi kegiatan agama yang bersifat tidak wajib.

2.Manajemen olah raga
Kalau ada yang mengatakan puasa tidak boleh olah raga, itu keliru besar. Olah raga ada yang berat ada yang sedang dan ada yang ringan. Olah raga yang tepat pagi yang berpuasa yaitu olah raga ringan di pagi hari. Misalnya, jalan kaki, jalan cepatatau lari kecil. Tidak perlu sampai terengah-engah.

3.Manajemen lapar dan haus
Kalau selama berpuasa terasa lapar, berarti makan sahur atau berbukanya kurang banyak atau kurang bergizi. Kalau selama berpuasa terasa haus ada kemungkinan semalam minumnya kurang dari 8 gelas. Minimal 5 gelas semalam.Kurang dari itu akan terjadi kekurangan air dan mudah haus.

4.Manajemen makanan dan minuman
Makanan dalam puasa sebaiknya tidak perlu mewah atau mahal. Yang penting bergizi. Harus kenyang tapi jangan terlalu kenyang.Minum air putih sesungguhnya lebih bagus daripada minum kopi atau teh.Buah-buahan perlu.Pisang cukup baik.

5.Manajemen kesibukan
Daripada berbuat negatif,lebih baik tidur.Namun,daripada tidur,lebih baik mencari kegiatan yang positif.Berpuasa tetapi tidak punya kesibukan, akan terasa waktu berpuasa sangat lama. Yang diharap-harapkan selalu datangnya saat berbuka puasa (puasa bedug). Ini manajemen puasa yang keliru. Bagi yang tidak bekerja, carilah kesibukan apa saja. Mulai dari membaca buku, novel, otak-atik komputer, membersihkan rumah, membersihkan kamar mandi,dll.daripada tidur,lebih bak mencari kesibukan yang bermanfaat.Harus cerdas mencari kesibukan.

6.Manajemen kesehatan
Sesungguhnya berpuasa bisa menyembuhkan banyak penyakit tertentu.Hal ini sudah diakui kalangan kedokteran. Namun, kalau sakitnya tergolong parah dan sangat parah (menurut dokter), maka sebaiknya tidak perlu berpuasa dengan syarat harus membayar “pengganti puasa”.

7.Manajemen keuangan
Sering orang mengeluh, berpuasa kok tambah boros. Itu berarti manajemen keuangannya tidak benar. Berpuasa justru harus lebih menghemat. Tidak perlu membeli makanan dan minuman yang mahal. Tak perlu membeli buah-buahan yang harganya di luar jangkauan.

8.Manajemen fisik dan kesehatan
Banyak yang belum tahu bahwa banyak bicara (terutama ngrumpi) bisa menyebabkan perut kembung dan mual. Penyebab lainnya yaitu stres, kurang istirahat,terlalu banyak kegiatan agama (yang sebenarnya banyak yang tidak wajib).Kuncinyayaitu,pikiran,jiwa dan fisik harus diberi waktu istirahat yang cukup.

9.Manajemen kepribadian
Bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk mawas diri dan menyenangkan hati orang lain.Belajar mengurangi ngrumpi,”ngrasani”,iri dengki. Jangan sesekali menggunakan ayat Al qur’an untuk menyakiti hati orang lain.Jangan merasa paling Islam sendiri.Belajar merendahkan diri dan menghargai pendapat orang lain,dll.

10.Manajemen waktu
Tantangan waktu berpuasa hanya ada 4 tahap.Tahap 1:Mulai Imsak hingga pukul 09:00.Harus sukses. Tahap 2:Mulai pukul 09:00 hingga 12:00.Harus sukses.Tahap 3:Mulai pukul12:00 hingga pukul 15:00.Harus sukses.Dan ke 4:Mulai pukul 15:00 hinggaMaghrib.Harus sukses. Maka, sukseslah Anda dari hari ke hari.

Kalau Anda bisa menerapkan 10 manajemen di atas dengan baik, maka tak ada alasan untuk tidak berpuasa, tidak olah raga, tidak shalat, tidak punya kesibukan,merasa lapar,haus,caepek dan alasan-alasan lain yang sebenarnya hanya menutupi semangat dan motivasi Anda yang lemah.

Kesimpulan:
Jika selama berpuasa Anda merasa 1.lapar, 2.haus,3.lelah,4.capai,5.malas,6.mual,7.ingin muntah,8.perutkembung 9.pusing dan 10. sakit., berarti ada yang salah dalam Manajemen Puasa Anda.Semua itu ada sebabnya dan ada manajemen untuk menghindarinya.Sesungguhnya Tuhan mewajibkan umat Islam berpuasa bukanuntuk menyiksa diri sendiri.

Catatan:
Artikel tersebut tentang manajemen berpuasa.Bukan manajemen Ramadhan.
Artikel ini boleh Anda share asal nama penulisnya jangan diganti

Selamat berpuasa

Hariyanto Imadha
Facebooker/Blogger


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: