Oleh: feusakti | Agustus 24, 2011

BISNIS: Modal Kecil Untung Besar

SEORANG Facebooker meminta kepada saya membuat artikel berjudul “Modal Kecil Untung Besar”. Persoalannya adalah, modal kecil itu berapa? Rp 5.000? Rp 50.000, Rp 500.000? Rp 5.000.000? Rp 50.000.000? Ternyata relatif sekali. Begitu pula, untung besar itu berapa?

Survei

Kebetulan, selama dua tahun ini saya punya kegiatan survei di sekitar BSD City, Tangerang Selatan. Kesimpulan sementara, bisnis yang pasti untung besar yaitu toko material, bengkel motor dan bengkel mobil.

Modal kecil untung besar

Mungkin ada baiknya kta buat rumus standar, maka modal kecil untung besar apabila dengan modal sekian bisa menghasilkan keuntungan minimal 50% X modal.

Beberapa contoh

Hasil survei saya menunjukkan bahwa ada beberapa pemodal yang mendapat keuntungan minimal 50% X modal.

1.Penjual pisang goreng

Mungkin Anda tertawa, mana mungkin berjualan pisang bisa untung besar? Namun kenyataannya ada. Ada sebuah ruko yang khusus berjualan pisang goreng. Satu biji pisang goreng Rp 1.000 dengan keuntungan Rp 500. Tiap hari laku 1000 buah pisang goreng (karena lokasinya di Pasar Moderen) atau Rp 500.000 per hari atau Rp 15 juta per bulan. Sesudah dikurangi biaya operasional (gaji pegawai,listrik,dll) keuntungan bersih Rp 10 juta/bulan.

2.Penjual bakso keliling

Dengan mengendarai motor, seorang penjual bakso Malang berkeliling di BSD City. Modal Rp 100.000. Sehari untung bersih Rp 100.000 (sudah dikurangi biaya BBM dan biaya makan siang). Sebulan untung bersih Rp 3 juta. Berarti keuntungannya 100% X modal.

 

3.Bisnis makanan keliling

Secara umum, keuntungan bisnis makanan sekitar 20% dari modal. Namun jika ditunjang dengan pelayanan “delivery” (diantar ke tempat pemesan) maka keuntungan bersih bisa meningkat hingga 300% s/d 35% dari modal.

4.Usaha aksesoris wanita dari kain perca

Tahu kain perca bukan? Kain perca boleh dikatakan sisa-sisa potongan kain yang biasanya dibuang dan dianggap tiodak berguna. Namun dengan kreativitas yang tinggi, bisa dibuat kalung, bros, cincin, bando dan lain-lain. Keuntungan bersih sekitar 60% sampai 75% X modal.

Harus survei kebutuhan

Tentu, tiap daerah bisa berbeda potensi bisnisnya. Oleh karena itu Anda perlu survei potensi bisnis di kota Anda.

Macam-macam kebutuhan orang

Kebutuhan orang tidak terbatas. Mulai dari pangan, sandang, pendidikan, kesehatan, hiburan dan ada ribuan kebutuhan lainnya.

Berapa modal Anda

Lihat dulu, berapa modal yang Anda miliki? Kira-kira cocok untuk modal berbisnis apa? Di mana? Anda tangani sendiri atau bersama teman?

Harus kreatif

Dunia bisnis adalah duniia persaingan. Anda harus mempelajari apa kelebihan dan kelemahan calon pesaing Anda. Apakah Anda sudah menemukan “added value” (nilai lebih) pada bisnis yang akan Anda lakukan?

Jangan bisnis berdasarkan ilmu kira-kira

Jangan sesekali memulai bisnis berdasarkan ilmu kira-kira. cari dulu, apa bisnis orang lain. Laris atau tidak? Jika laris, Anda boleh mencontohnya dengan kelebihan-kelebihan yang telah Anda persiapkan.

Misalnya:

Di kota Anda, warnet biasa sudah banyak. Kesempatan Anda membuka warnet games online. Jika warnet games online sudah banyak, bisa Anda kembangkan menjadi lembaga pendidikan komputer, jasa pengetikan, jasa copy CD/DVD, jasa service komputer, jual beli komputer baru dan bekas dan bisnis lain yang masih ada hubungannya dengan komputer.

Rumus keuntungan

Apakah bisnis Anda menguntungkan atau tidak, sangat mudah menghitungnya. Jika pemasukan uang lebih besar daripada pengeluaran, berarti bisnis Anda untung.

Nah, hanya itu gambaran bisnis “Modal Kecil Untung Besar” yang bisa saya sampaikan kepada Anda.

Motto:

“Orang yang beruntung adalah orang yang berani mencoba” (Mario Teguh)

 

Semoga bermanfaat.

 

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger


Responses

  1. Aqhu135@ymail.com

  2. modol


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: