Oleh: feusakti | Agustus 28, 2011

MANAJEMEN:Beda Urbanisasi di Amerika, Vietnam dan Indonesia

PENYEBAB utama urbanisasi adalah karena faktor ekonomi, pendidikan kemudian faktor lainnya. Di desa sulit cari uang, maka merantau atau pindah ke kota besar. Di daerah tidak ada perguruan tinggi yang dianggapnya bonafide, kemudian pindah ke kota lain. Di samping itu kota besar dianggap memiliki kelengkapan fasilitas ekonomi,pendidikan,kesehatan,hiburan dan lain-lain.

AMERIKA merupakan negara yang cerdas, yaitu memisahkan pusat pemerintahan di Washington DC dan pusat ekonomi di New York.

Dengan demikian, hanya New York sebagai pusat ekonomi, yang diserbu urbanisasi, yaitu sekitar 250.000 pendatang baru pertahun. (sama dengan Jakarta). Sedangkan Washington DC sebagai pusat pemerintahan, angka urbanisasinya sangat kecil.

VIETNAM, juga cerdas menekan angka urbanisasi. Walaupun pembangunan pada bidang perdagangan, industri, dan properti, gencar dilakukan, terutama di Ho Chi Minh, namun pemerintah mereka tetap melakukan komitmen tinggi terhadap bidang pertanian.

Artinya, ada jaminan lahan pertanian tidak akan beralih fungsi (misalnya berubah menjadi perumahan, real estate,jalan tol, dll). Hasilnya, para petani merasa tenang dan bisa konsentrasi bertani tanpa harus menjadi urban di kota.

INDONESIA.Jakarta, dan ibukota provinsi lainnya, berperan ganda, yaitu sebagai pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi. Ini merupakan filsafat berpikir yang keliru. Akibatnya, kepadatan penduduk dan berbagai masalah sosialnya tak pernah bisa terselesaikan.

Sebaiknya, ibukota negara Indonesia sebagai pusat pemerintahan dipindah ke tempat lain, misalnya ke Kalimantan.Demikian juga ibukota provinsi lainnya sebaiknya berperan sebagai pusat pemerintahan saja. Sedangkan pusat ekonomi dan pendidikan harus diperbanyak di kota-kota satelitnya ( daerah tingkat II ). Sedangkan desa tetap memprioritaskan pertanian dan perkebunan (dengan menerapkan sistem pertanian syariah).

Kesimpulan

-Perlu adanya manajemen pemerintahan yang terfokus. Harus dibedakan mana kota pemerintahan,kota bisnis,kota pendidikan,kota wisata dan pertanian/perkebunan.

-Perlu adanya desentralisasi pembangunan disertai desentralisasi anggarannya

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: