Oleh: feusakti | September 7, 2011

MANAJEMEN: Sepakbola dari Sudut Pandang Sistem

ORANG bijak mengatakan “Sukses ada caranya. Gagal ada sebabnya”. Oleh karena itu menang kalahnya sebuah pertandingan sepakbola tentu ada cara dan sebabnya. Masalahnya adalah, banyak debat-debat yang tidak penting soal kalah-menangnya itu. Padahal, adalah hal yang penting untuk mencari cara sukses dan sebab gagal.

Ada beberapa faktor pendukung menangnya sebuah pertandingan sepakbola.

1.Faktor biologis

2.Faktor psikologis

3.Faktor inteligensia

4.Faktor pelatihan

5.Faktor cuaca maupun iklim

6.Faktor motivasi

7.Kondisi lapangan

Ketujuh faktor itu merupakan sebuah “sistem” yang semua subsistemnya harus berkualitas.

ad.1.Faktor biologis

Meliputi tinggi, berat, kesehatan dan daya tahan. Tinggi yang ideal untuk pemain sepakbola sekitar 175 cm s/d 185 cm. Tinggi badan ada hubungannya dengan kecepatan berlari dan kemampuan melakukan aktivitas heading.Berat seimbang dengan tinggi badan. Daya tahan harus prima. Antara lain mampu berlari lama. Mampu berlari cepat. Mampu menendang bola dengan kuat.

2.Faktor psikologis

Harus sehat secara psikologis. Tidak punya masalah atau beban psikologis. Sehat secara psikologis. Sehat secara psikologis akan sangat membantu permainan.

3.Faktor inteligensia

Idealnya punya IQ tinggi. Minimal harus cerdas. Mampu menganalisa. mampu berpikir secara sistematis. mampu berpikir tepat. Mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Berpikir cerdas sangat perlu dalam permainan bola. Mampu membaca arah bola, mampu mengantisipasi. Mampu mengambil posisi.Mampu membuat strategi.Mampu membaca peluang.

4.Faktor pelatihan

Ttak kalah ppentingnya yaitu faktor pelatihan yang terus menerus. Tidak hany penguasaan teori yang penting, ttetapi juga perlu mempraktekkannya. Perlu latihan-latihan yang efisien dan efektif.

5.Faktor cuaca maupun iklim

Bagi pemain bola Indonesia, perlu latihan di beberapa negara yang beriklim dingin dan sangat dingin. Juga di negara yang cukup panas.

6.Faktor motivasi

Semua tindakan manusia dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi bisa dari dirinya sendiri dan bisa dari faktor eksternal. Terpenting adalah mootivasi eksternal. Yaitu, adanya imbal prestasi yang sangat memadai. Honor/gaji/bonus yang benbar-benar memadai. Fasilitas yang benar-benar memadai. Jaminan masa tua yang benar-benar memadai.

7.Faktor kondisi lapangan

Kondisi lapangan termasuk kondisi para penonton atau supporter juga ada pengaruhnya. Bahkan kejujuran wasit juga sangat diperlukan. Jika lapangan memenuhi standar internasional dan penonton cukup tertib, maka permainan akan berjalan secara normal.

Ketujuh faktor tersebut merupakan sebuah “sistem” yang tidak bisa dipisahkan satu persatu. Semuanya diperlukan dan saling terkait, saling memerlukan dan saling mendukung.

Pertanyaan

Messi tingginya cuma 169 cm, kok bisa bermain bagus?

Jawaban

Iya. Kalau Messi tingginya 184 cm, tentu dia bisa bermain lebih bagus lagi.

Kesimpulan

Seringnya sebuah tim sepakbola kalah karena tidak terpenuhinya semua faktor di atas. Salah satu faktor tidak sempurna, akan mempengaruhi faktor lainnya.

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: