Oleh: feusakti | November 15, 2011

EKONOMI: Tidak Ada Indikator Sistemik pada Bank Century

SAMPAI hari ini kok masih ada yang beranggapan bahwa jika Bank Century tidak di bailout (diberi dana talangan), maka bisa menimbulkan dampak sistemik. Bahkan dengan bangga mengatakan Boediono itu profesor ekonomi, Sri Mulyani itu dinyatakan sebagai menteri keuangan terbaik di dunia.

Itu betul.Boediono memang profesor ekonomi. Tapi jangan lupa, di Amerika dan di negara-negara lain tiap hari selalu muncul atau terbit buku-buku ekonomi, jurnal-jurnal ekonomi, analisa-analisa ekonomi dan perkembangan-perkembangan ekonomi. Tidak mungkin seorang profesor membaca buku-buku ekonomi yang terbit tiap hari.

Benar Sri Mulyani merupakan menteri keuangan terbaik di dunia. Wajar, sebab yang memberi penilaian adalah negara-negara yang tergabung di dalam IMF dan World Bank.

Indikator bank berpotensi berdampak sistemik

Yaitu, apabila sebuah atau beberapa bank kecil atau besar bermasalah, mengalami kesulitan likuiditas, gagal kliring dan punya banyak utang ke banyak bank lain dengan jumlah yang besar, maka bisa berdampak sistemik.

Dampak sistemik itu apa?

Menurut Sri Mulyani, dampak sistemik yaitu suatu skala atau dimensi kesulitan sebuah bank yang bisa berakibat terhadap sistem perbankan secara keseluruhan yang pada akhirnya berpengaruih negatif terhadap perekonomian secara keseluruhan. Kurang lebihnya begitu.

Yang terjadi di Bank Century

Ternyata tidak punya utang apa-apa ke bank-bank lainnya. Yang terjadi adalah perampokan bank yang dilakukan oleh orang dalam sendiri. Juga adanya dana nasabah yang dipindahkan ke rekening Antaboga. Dan uang yang dirampok itulah yang diganti (bailout).

Terus, dampak sistemiknya di mana?

Ya nggak ada…!!!

Bank Century tak punya utang ke bank-bank lain

Bank-bank lain aman-aman saja.

Tidak ada dampaknya terhadap sistem perbankan.

Tidak ada dampaknya terhadap sistem perekonomian secara nasional.

Artinya

Tanpa dibailoutpun, sistem perbankkan nasional dan sistem perekonomian nasional aman-aman saja.

Mereka yang kontra bailout bukan saja profesor-profesor ekonomi Indonesia, tetapi juga George Soros seorang pialang saham kelas internasional.

Untuk memahami kasus Bank Century kita tidak cukup faham ilmu ekonomi, tetapi juga filsafat ekonomi, logika ekonomi, matematika ekonomi dan hukum ekonomi.

Catatan:

Bahkan George Soros, seorang pialang kelas dunia yang cukup terkenal namanyapun mengatakan bahwa kasus Bank Century tidak mungkin punya dampak sistemik terhadap bank-bank lain sebab Bank Century tergolong bank kecil. Ini diucapkan oleh orang yang benar-benar memahami dunia perekonomian.

Sumber foto: agamovecloser.wordpress.com

 

Hariyanto Imadha

Facebooker/Blogger

 

 


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: