Oleh: feusakti | November 26, 2011

STATISTIK: Kelemahan Sebuah Polling

SURVEI dan polling merupakan dua hal yang serupa tapi tidak sama. Survei menggunakan metode-metode ilmiah, terstruktur dan respondennya ditentukan berdasarkan kriteria. Meskipun demikian, survei bisa dimanipulasi. Sedangkan polling para pollers-nya tidak jelas kriterianya. Tidak jelas latar belakang pendidikannya.

Maksud polling

Polling adalah mengajukan beberapa pertanyaan kepada “sembarang” orang dengan tujuan mencari gambaran umum yang diberikan oleh para pollers. Gambaran umum adalah gambaran sementara yang masih bisa bersifat benar atau bersifat salah karena masih harus dibuktikan kebenarannya.

Kelemahan polling

1.Pesertanya sembarang orang yang beda persepsi, beda tafsir, beda latar belakang pendidikan, beda pola pikir atau cara berlogika, beda pemahaman, beda cakrawala pemikiran dan beda kualitas kecerdasannya.

2.Polling hanya bersifat gambaran umum yang bisa benar dan bisa salah. jadi, bersifat spekulatif dan tidak merupakan hasil kesimpulan yang final.

3.Jika polling dilakukan pada komunitas yang berbeda dan pada media yang berbeda, boleh jadi hasilnya sama atau berbeda. Jadi, hasinya juga masih spekulatif.

4.Polling tidak memiliki metode dan metodologi yang jelas, tak terstruktur, kurang ilmiah dan hanya merupakan kumpulan pendapat yang bersifat spekulatif.

5.Hasil polling tidak bisa dipercaya 100% karena karena probabilitas kebenaran dan kesalahan berbanding 50%:50% dan bersifat “debatable”.

Nilai kebenaran sebuah polling tentu berbeda dengan nilai kebenaran ilmiah yang bisa dibuktikan secara empiris melalui metode-metode imiah yang sudah diakui dunia internasional.

Perlu bersikap kritis

Oleh karena itu kita perlu bersikap kritis terhadap hasil-hasil survei maupun hasil polling. Artinya, kita tidak boleh menelan mentah-mentah hasil survei dan polling sebagai sebuah kebenaran yang mutlak, sebab survei bisa direkayasa sedangkan polling bersifat subjektif.

 

Hariyanto Imadha

Penulis kritik pencerahan

Sejak 1973


Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: