Oleh: feusakti | Juli 21, 2012

RAMADHAN : Manajemen Berpuasa yang Baik dan Benar

KALAU kita browsing di Google, kita akan mendapatkan banyak judul tentang tips berpuasa agar tetap fit dan bugar selama berpuasa. amun, semuanya tak ada ang bersifat manajemen berpuasa, sehingga sulit untuk dipahami maksud dan tujuannya. Bahkan ada anjuran agar tidur siang di mana Nabi Muhammad SAW tidak ernah melakukannya. Di bawah adalah manajemen berpuasa yang baik dan benar.

1.Tidur malam yang cukup

Tidur yang cukup di malam hari yaitu sekitar 6,7 atau 8 jam.Dengan asumsi Anda mengikuti shalat tarawih, maka sebaiknya sepulang dari shalat, langsung tidur. Andaikan masih ada kegiataan sesudah shalat tarawih, pertimbangkan baik-baik kondisi kesehatan Anda.Andaikan Anda makan sahur pukul 03:30 WIB, maka usahakan tidur mulai pukul 21:30 WIB.

2.Makan sahur

a.Minum air putih (sebaiknya air mineral) sekitar setengah gelas. Hindarkan minum kopi ataupun teh. Jangan minum air es.

b. Makan buah-buahan berserat. Misalnya mangga. Secukupnya saja.

c.Sekitar 15 menit kemudian makan nasi dan lauk pauk yang bergizi. Begizi tidak harus mahal dan mewah.

d.Tak ada salahnya minum satu butir pil vitamin C atau mulivitamin

e.Minum obat yang dianjukan dokter apabila Anda mengidap penyakit tertentu

f.Mandi pagi hari

g.Olah raga sangat ringan (jalan kaki menghirup udara segar di pagi hari).Secukupnya saja.

3.Tiga tahapan kondisi berpuasa

Dengan asumsi lama berpuasa adalah 14 jam, maka kondisi berpuasa bisa dibag menjadi tiga kondisi.

a.Lima jam pertama (sekitar pukul 05:00 s/d 10:00 WIB). Terngatung waktu yang belaku di kota Anda.

Dalam kondisi kenyang. Jka Anda masih lapar, maka usahakan hari beikutnya makan sahurnya agak banyak.

b.Lima jam kedua (Sekitar pukul 11:00 s/d 15:0 WIB).

Dalam kondisi agak lapar. Jangan tidur siang, sebab Nab Muhammad SAW selama bulan Ramadhan tidak pernah tidur siang. Kalau Anda karyawan, tentu bekerja. Kalau Anda bukan karyawan,carilah kesibukan yang bemanfaat. Cukup banyak kesibukan yang bisa Anda cari.

c.Empat jam berikutnya

Dalam kondisi lapar. Inilah tantangan terberat. Kurangi pekerjaan-pekejaan yang bersifat fisik. Kerjakan secara bertahap atau mengangsur. Kerjakan secara santai tetapi serius. Jangan mengeluh. Kerjakan semua pekerjaan sebagai hobi yang menyenangkan.

4.Saatnya berbuka puasa.

a.Utamakan minum air putih secukupnya. Jangan minum air es.

b.Utamakan shalat Maghrib

c.Utamakan makan buah kurma sebelum makan nasi, walaupun hanya sebutir kurma.

d.Makan buah-buahan berserat 15 menit sesudah makan nasi.

e.Boleh minum air es (es buah, juice dan semacamnya).

f.Hindarkan minuman beralkohol.

g.Minum obat sesuai anjuran dokter apabila Anda mengidap penyakit tertentu.

Catatan:
1.Jika selama berpuasa Anda merasa sangat lapar, sangat haus, mual, muntah, pusing, loyo tak bersemangat, mengantuk,berarti ada yang salah pada manajemen puasa Anda.

2.Carilah kesibukan yang bemanfaat di siang hari..

3.Jangan makan-minum secara berlebihan

4.Jangan begadang malam hari .

Semoga bermanfaat.

Hariyanto Imadha
Facebooker dan Blogger

Semua komentar otomatis akan dihapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori